What Are U Looking For ?

Selasa, 18 Februari 2014

Inventarisasi Sumber Daya Alam - ASDL BAB 2

Ringkasan Bab Inventarisasi Sumber Daya Alam

Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain sangat asin lagi pahit dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus. (Q.S. Al-Furqan Ayat 53)

           Maksud dari ayat tersebut adalah bahwa laut yang segar dan tidak asin itu adalah sungai yang mengalir ke daratan, air sumur dan mata air.  Sedangkan laut yang asin lagi pahit adalah laut itu sendiri dan samudera. Allah menjadikannya masing-masing bermanfaat dan bermaslahat bagi manusia.

1.            Inventarisasi SDA
                Kegiatan mendokumentasikan ketersediaan di seluruh SDA Indonesia baik sekarang maupun di masa yang akan datang untuk mengetahui batasan ekploitasi terhadap SDA (konservatif) dan potensi pemanfaatan SDA yang berguna untuk perkembangan pembangunan di Indonesia.
2.            Latar Belakang Inventarisasi
Indonesia memiliki ketersediaan SDA yang sangat berlimpah, mulai dari :
·         SDM mencapai 214 juta jiwa di tahun 2011
·  Hutan yang kaya akan plasma nutfah, tanaman holtikultura dan tingkat  keanekaragaman hayati yang tinggi
·       Memiliki laut yang kaya akan biota laut, mineral, garam, gelombang dan panas laut (potensial menjadi energi substitusi pembangkit listrik) dan minyak bumi.

   Berdasarkan kelengkapan ketersediaan SDA yang dimiliki, maka tidak ada alasan Indonesia harus tetap menjadi negeri yang miskin. Bangsa Indonesia harus dapat mengolah seluruh SDA yang terhampar di negeri ini. Langkah pertama untuk memanfaatkan SDA tersebut adalah dengan mengetahui potensi dan limitasinya dengan kegiatan inventarisasi SDA Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar